Back to top

Jadilah Sahabat Al Qur`ān

lampuTingkat keakraban kita dengan al Qurān, akan menentukan derajat kita di dunia dan akhirat. Al Qurān adalah kitab yang mulia, agung dan penuh berkah. Siapa pun yang bersahabat dengannya akan terangkat pula kemuliaannya, dan hidup yang dijalaninya akan dicurahi keberkahan dari Allah jalla wa ‘alā.

Al Qurān adalah petunjuk, ia menunjukkan kepada kita jalan yang lurus, menjelaskan arah menuju kepada kebahagiaan, ketenangan dan kemenangan. Dengannya kita akan sampai pada tujuan akhir kita.

Al Qurān adalah ruh, ia menghidupkan jiwa dan menggerakkan hati menuju kepada keridhaan Allah. Dengannya hati akan mengenal-Nya, cinta, tawakal, takut dan berharap hanya kepada-Nya.

Al Qurān adalah cahaya, ia menerangi jalan kehidupan kita. Dengannya segala bahaya yang akan merugikan kita dapat kita kenali, untuk kita jauhi.

Al Qurān adalah pembeda, ia membedakan antara haq dan batil. Dengannya tidak akan terbolak-balik lagi dalam pandangan kita antara yang benar dan yang salah.

Al Qurān adalah obat, ia mengobati segala penyakit dalam diri. Dengannya kesombongan, keraguan, riya, kedengkian dan segala penyakit hati akan terobati.

Rasulullah shallallāhu alaihi wa sallam bersabda, “Kelak akan dikatakan kepada sabahat al Quran, “Bacalah, naiklah dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau mentartilkanya di dunia. Sungguh kedudukanmu sesuai ayat terakhir yang kamu baca” (HR. Tirmizdi)

Sahabat al Qurān selalu rindu untuk membacanya, betah untuk duduk belama-lama dengannya, takut melanggar nasehat-nasehatnya, senantiasa mentadaburi rahasia-rahasia keagungannya.

Rasulullah shallallāhu alaihi wa sallam bersabda, “Perumpamaan sahabat al Qurān itu seperti pemilik unta. Jika ia terus mengikatnya, ia akan bersamanya. Jika ia melepaskan ikatannya, ia akan lari.” (Muttafaq alaih)

Di akhirat, Al Qurān akan menjadi pemberi syafaat baginya.

“Bacalah al Qurān, sesungguhnya ia akan dapat pada hari kiamat menjadi pembari syafaat bagi para sahabatnya.” (HR Muslim)

Abu Khalid Resa Gunarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Info Penerimaan Pesantren

  • Terbanyak Dibaca

  • Akhlak

  • Kisah

  • Tafsir

  • Tulisan Baru

  • Keluarga

  • Dakwah

  • Info