Back to top

Mentadaburi Surat Ibrahim [14] Ayat 21 – 22

lampuDi padang luas bernama mahsyar, kelak manusia dikumpulkan di hadapan Allah al Waahidul Qahhaar.

Di hari itu, orang-orang lemah dari penghuni neraka berkata kepada para pemimpin, panutan dan tokoh kesesatan yang sombong,

“Kami dahulu mengikutimu, apakah kalian dapat melindungi kami dari azab Allah sedikit saja?”

Mereka menjawab,

“Andai dahulu Allah memberi hidayah kepada kami, maka kami pun akan memberi petunjuk kepada kalian. Sama saja bagi kita saat ini, mengeluh atau bersabar, tidak ada tempat bagi kita untuk melarikan diri…”

Maka, jangan salah memilih panutan, jangan keliru menggadang-gadang teladan dan jangan sembarang mendaulat tokoh ikutan. Jika kita tak ingin salah jalan. Karena nanti tak ada kesempatan bagi kita untuk beralasan. Ikutilah petunjuk Allah, teladanilah Rasulullah dan tempuhlah jalan orang-orang beriman, dengannya kelak kita akan mendapat keselamatan.

Di hari itu, penyesalan tak lagi berguna, mengeluh atau sabar sama saja. Para ulama berkata, “Pilihlah antara dua kesabaran; sabar di dunia menahan hawa nafsu, atau sabar di akhirat menanggung siksa?” Orang berakal pasti memilih kesabaran yang pertama.

Di hari itu pula, setan akan memberi kesaksian,

“Dan berkatalah setan tatkala perkara hisab telah diselesaikan, “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasan bagiku terhadapmu, melainkan sekedar aku mengajak kamu lalu kamu mengikuti ajakanku. Oleh sebab itu, janganlah kamu mencercaku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri…”

Allah memberi janji dan janji-Nya selalu benar. Setan pun rajin berkampanye menebar janji, namun janjinya palsu. Janji siapakah yang lebih kita percayai?

Walau begitu, setan tak memaksa, hanya mengajak. Jika kita mengikuti ajakannya -wal ‘iyaadzu billaah-, maka jangalah mencerca siapa pun melainkan diri sendiri..

Semoga Bermanfaat.

Referensi: Tafsir Ibnu Katsir: 4/605 – 606.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Info Penerimaan Pesantren

  • Terbanyak Dibaca

  • Akhlak

  • Kisah

  • Tafsir

  • Tulisan Baru

  • Keluarga

  • Dakwah

  • Info